.

.
.......WeLcoMe To Kerinci Crew, Situs Koleksinya Para Anak² Kerinci.. Mudahan Ada Hal oR Sesuatu Yang Bermanfaat Yang Dapat Para Pembaca Ambil Dari Sini.. Have A Nice Day....... by : aDmiN

Karena banyaknya Link yang Expire, silakan lapor ke CS agar dapat kita benahin :)

Cari :

Minggu

Sumber Daya Air

Potensi sumber daya air di Kabupaten Kerinci sangat melimpah, karena letaknya yang berlokasi di dataran tinggi dengan kondisi topografi pergunungan dan hutan lebat, disertai beberapa alur sungai dan anak sungai. Sebagian aliran sungai dan anak sungai bermuara ke Danau Kerinci, kemudian mengalir melalui Sungai Batang Merangin sampai ke pantai timur Jambi. Sebagai gerbang utama arus ke luar deposit air dari Danau Kerinci, Sungai Batang Merangin semerupakan sungai terbesar yang ada di Kabupaten Kerinci.

Sungai lain yang terdapat di Kabupaten Kerinci adalah Sungai Sikai, Sungai Rumpun, Sungai Tanduk, Sungai Cibudak, Sungai Dadap, Sungai Simpang Tutup, Sungai Siulak Deras, Sungai Koto Rendah, Sungai Bukit Sembahyang, Sungai Dusun Baru, Sungai Pendung Mudik, Sungai Air Patah, Sungai Terung, Sungai Semurup, Sungai Tutung, Sungai Bungkal, Sungai Batang Serong, Sungai Renah Kayu Embun, Sungai Batu Lumut , Sungai Tanah Kampung, Sungai Hiang, Sungai Batang Sangir, Sungai Betung Kuning, Sungai Cupak Raja Seleman, Sungai Talang Kemulun, Sungai Lubuk Pagar, Sungai Tapan, Sungai Air Jernih, Sungai Air Terjun, Sungai Air Lintah, Sungai Talang Kemuning, Sungai Rawa Air Lingkat, Sungai Rumpun dan Sungai Renah Sako. Selain bermuara di Danau Kerinci, sebagian dari sungai ini mengalir ke Sumatera Barat seperti Sungai Air Terjun ke Kabupaten Solok Selatan dan Sungai Batang Sako ke Kabupaten Pesisir Selatan.

Yang menjadi permasalahan adalah daerah aliran Sungai (DAS) yang melewati wilayah Kabupaten Kerinci sudah mengalami pencemaran dan kerusakan sebagai akibat penebangan hutan, sehingga pada musim hujan banyak massa tanah yang hanyut (erosi) dan mengakibatkan pendangkalan sungai dan pendangkalan Danau Kerinci serta mempengaruhi kadar kapur tanah. Pendangkalan sungai dan danau terjadi sebagai akibat tersuspensinya colloid tanah liat humus di dasar air.

Potensi sumerdaya air lainnya di Kabupaten Kerinci adalah keberadaan beberapa danau yang terdiri atas: Danau Kerinci, Danau Gunung Tujuh, Danau Lingkat, Danau Belibis dan danau-danau kecil lainnya yang berpotensi untuk diolah sebagai air mineral dan dimanfaatkan sebagai sumber pembangkit energi listrik PLTA.

Like with Facebook